UAR :Mushaf Alqur’an Ini Adalah Ruh Madinatul Iman

INDCYBER.COM, BALIKPAPAN– Peringatan Hari Santri Nasional di Balikpapan dimanfaatkan oleh Komunitas Kaligrafer sebagai momen untuk meluncurkan kaligrafi Alquran.

Hari Santri Nasional Tahun 2019 ini mengambil tema Santri Unggul Indonesia Makmur,di peringati dengan upacara yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (22/10/19).

Upacara tersebut dipimpin Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan dihadiri Wakil Walikota Rahmad Masud bersama jajaran kepala OPD serta Pimpinan atau pengasuh Pondok Pesantren di Balikpapan.

Dalam rangkaian kegiatan upacara Hari Santri, juga dimanfaatkan menjadi momen untuk meluncurkan kaligrafi Mushaf Alquran Madinatul Iman yang memiliki filosofi berkaitan dengan Kota Balikpapan.

Inisiator Kaligrafi Mushaf Alqur’an Madinatul Iman Ustadz Ahmad Rosyidi mengatakan, kaligrafi ini ditulis untuk mengisi kosongnya ruh Madinatul Iman.

“Jadi di Balikpapan itu belum ada mushaf  Alquran. Mushaf ini untuk mengisi kekosongan dari ruh Kota Balikpapan sebagai Madinatul Iman,” ujar UAR via telepon selulernya usai upacara HSN beberapa hari yang lalu.

Kaligrafi ini memiki lebar 102 cm, dan memiliki arti Kota Balikpapan yang lahir di tanggal 10 Februari.

Kemudian, kaligrafi mushaf Alquran ini juga memiliki 313 lembar, yang menyimbolkan filosofi ashabul badhar, dan akan dikerjakan dalam waktu 313 hari.

UAR menambahkan kaligrafi mushaf Alquran yang akan dikerjakan selama 10 bulan ini akan menjadi hadiah pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di tahun 2020.

“Jadi diperkirakan tanggal 17 Agustus 2020 kaligrafi ini sudah selesai dan bisa menjadi hadiah istimewa untuk hari kemerdekaan kita nanti.Kita filosofikan juga dengan tim kaligrafer yang berjumlah 17 orang, kemudian dengan baiknya 17 rakaat shalat, dan 17 ramadhan yang merupakan Nuzulul Quran,”imbuh UAR .

Sementara itu, adanya kaligrafi mushaf ini bertujuan sebagai sarana edukasi agar orang semakin cinta kepada Alquran dalam kehidupan sehari hari.

Kaligrafi Mushaf Alquran Madinatul Iman juga ditandai dengan goresan tangan Walikota Balikpapan, Wakil Walikota Balikpapan, Kapolres Balikpapan, dan Kementrian Agama Kota Balikpapan, di awal pengerjaannya.

UAR juga menuturkan bahwa Kaligrafi Mushaf Alquran Madinatul Iman  ini akan diletakkan di Masjid Islamic Center agar dapat menjadi wisata religi pertama di Balikpapan yang notabene adalah jendela Indonesia menuju Ibu Kota Negara Baru .(sp).

 1,570 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *