WALIKOTA TINJAU TITIK BANJIR DI SAMARINDA

Indcyber.com, Samarinda -Mengawali rutinitas di awal bulan Juli, Walikota Samarinda H Syaharie Jaang melakukan tinjauan ke titik banjir, Senin(02/07/2018), tinjauan berangkat dari Rumah Jabatan Walikota Samarinda menuju ke Jalan DI Panjaitan gang H Adul yang merupakan titik penyempitan alur sungai Karang Mumus disebabkan oleh padatnya penduduk sekitar yang kurang peka terhadap aliran sungai tersebut.

Turut dalam tinjauan Kepala Dinas PUPR Samarinda Hero Mardanus, Assisten II Pemkot Endang Liansyah, Sekretaris Pemerintah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Direktur Teknik PDAM Tirta Kencana Samarinda H Said Abdul Hamid, Kepala Satpol PP Kota Samarinda, Kadis Kominfo Samarinda Aji Syarif Hidayatullah beserta sekretaris Kominfo Masrulah, Kabag Humas H Syahruddin serta seluruh OPD terkait.

“Tujuan kita meninjau titik banjir ini adalah guna mengetahui langsung apa sich penyebab banjir padahal sudah banyak anggaran yang dikeluarkan, seperti tadi kita mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa jika hujan di simpang Empat Sempaja arus airmata larinya kemana, terus yang di panjaitan gitu juga. Dia orang biasa bukan orang teknis tapi mengerti kemana arah air itu dan dititik mana, masa orang teknis malah gak ngerti, “ujar Jaang

Masalah banjir di Samarinda ini sangat krusial karena bukan faktor alam saja tapi kesadaran masyarakat masih minim sekali selain itu memang perlu pembenahan drainase untuk diperlebar dan diperdalam disesuaikan dengan debit air jika curah hujan cukup tinggi.

“Untuk mengatasi banjir ini memang tidak bisa seratus persen, ya paling tidak mengurangi lah, polder juga harus sering di dibersihkan guna mengurangi sedimentasi, “lanjutnya

Ketika disinggung terkait akses jalan menuju bandara jika hujan pasti banjir sehingga mengganggu penumpang yang akan menuju kesana, Jaang dengan tegas mengatakan bahwa Pemkot Samarinda melalaikan Dinas terkait tetapkan inten berkomukasi dengan Pemprov Kaltim guna memperbaiki akses menuju bandara.

Peninjauan di lanjutkan menuju folder air hitam disana Jaang juga mengecek pompa air, hingga saluran menuju ke folder dengar melihat langsung gorong gorong. 

Untuk tinjauan titik banjir di wilayah Kelurahan Kampung Jawa tepatnya di Jalan Cermai, Jaang mendapatkan penjelasan yang gamblang dari Lurah Kampung Jawa Idfi Septiani tentang banjir yang kerap melanda wilayahnya bila hujan turun. Saat ini pihak kelurahan kampung Jawa dengan dibantu relawan telah rutin membersihkan parit dengan tujuan mengurangi luapan air.

Dari hasil tinjauan ini Walikota Samarinda memerintahkan Dinas terkait agar terus memperbaiki drainase sehingga risiko banjir akan terus berkurang, selain meninjau titik banjir Walikota dan rombongan juga menyempatkan melihat langsung akses alternatif menuju Bandara APT Pranoto Sei Siring, Jalan alternatif ini selain sebagai akses jika banjir di Panjaitan juga sebagai alternatif mengurangi kemacetan di Jalan PM Noor.

 

 136 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *