Wisata Kuliner Samarinda, Kota Penggugah Selera.

indcyber.com, samarinda – Samarinda Kota yang merupakan salah satu kecamatan di Kota Samarinda memiliki berbagai destinasi yang menjadi rekomendasi untuk Anda. Jika Anda menggunakan pesawat untuk mengunjungi kota ini, Anda dapat menggunakan pesawat jurusan Bandara Samarinda Baru.

Tentunya di era baru ini juga semakin canggih. Anda dapat memesan tiket pesawat melalui online, seperti Traveloka yang menyediakan layanan tiket pesawat juga hotel. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Bahkan terkadang penjualan tiket secara online seperti Traveloka dan lainnya menyediakan harga promo dari harga tiket pesawat, hotel berbintang, hingga hotel dengan harga yang lebih murah. Tidak terkecuali, di Samarinda ada banyak hotel dengan harga yang murah dijual oleh Traveloka. Jadi, kamu punya banyak pilihan untuk menginap di sini dengan harga yang lebih murah.

Setiap daerah pasti memiliki khasnya masing-masing, mulai dari budaya, tempat wisata, adat istiadat, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan hidangan makanannya yang memiliki cita rasa yang beraneka ragam. Begitu juga dengan Samarinda yang memiliki cita rasa yang khas di setiap hidangan masakannya.

Tak heran jika Samarinda memiliki kuliner yang khas dengan cita rasa yang beragam dan menggugah selera karena terdapat beberapa suku dari penduduk asli Samarinda, antara lain suku Bugis, Jawa, Banjar, dan juga suku Madura mendiami kota ini. Jangan kaget jika Anda menemui masakan dengan rasa yang berbeda, seperti halnya nasi kuning yang memiliki cita rasa khas Madura yang terkenal dengan ladanya yang begitu kuat, dan lain sebagainya.

Ada beberapa objek wisata kuliner yang patut Anda kunjungi untuk menikmati hidangannya yang cukup populer di kalangan masyarakat. Berikut hidangan yang wajib Anda cicipi dan akan menggugah selera Anda.

1. Ayam Cincane

Ayam Cincane merupakan hidangan yang cukup populer di Samarinda Kota ini. Apalagi bumbu yang kaya akan rempah-remahnya sangat khas dengan warna kemerahan yang begitu menggoda. Tak heran jika hidangan ini merupakan hidangan yang menjadi andalan masyarakat Samarinda.

Hidangannya yang diolah dengan daging ayam kampung menjadikan masakan ini lebih berasa dan gurih apalagi disajikan dengan bumbu merahnya, Anda akan ketagihan untuk menikmati ayam cincane ini.

Menu hidangan ini dapat Anda temukan di rumah makan mana saja yang berada di kawasan Samarinda Kota maupun kabupatennya. Dulunya hidangan ayam ini hanya dapat dijumpai pada saat acara penting saja seperti pernikahan atau menyambut tamu kehormatan, namun kini sudah dapat Anda jumpai di beberapa kedai maupun restoran di Samarinda.

2. Kampoeng Nasi Kuning

Nasi kuning tentunya tidak jarang Anda temui di berbagai daerah. Dengan rasanya yang gurih dan warnanya yang khas menjadi makanan favorit ketika mengadakan acara syukuran maupun penyambutan tamu kehormatan. Biasanya nasi kuning didampingi dengan beberapa lauk yang menggugah selera, utamanya ayam, tempe orek, irisan telur, maupun telur rebus yang dibumbu.

Namun berbeda dengan nasi kuning yang menjadi makanan andalan Samarinda. Di sini Anda akan menemukan hidangan nasi kuning dengan ikan gabus sebagai lauk pendampingnya. Tentu saja, karena ikan gabus yaitu ikan Haruan merupakan ikan yang khas di kota ini.

Mungkin Anda akan menemukan nasi kuning khas ini di berbagai tempat makan, namun yang lebih seringnya lagi nasi kuning khas Samarinda dijual di Jalana Lambung Mangkurat.

 183 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *