Zairin – Sarwono Pemimpin Ideal, Kolaborasi Birokrat dan Politik

Oleh : Acmad Suryadi Nata

Indcyber.com, Samarinda – Ketulusan dan keikhlasan seorang pemimpin tentu tidak selamanya mendapatkan pujian atau celaan semata. Keberhasilan dalam mencapai tujuan apapun hampir pasti disertai dengan pengorbanan dan kesulitan yang amat.

Melalui hari demi hari dengan beban dan amanah yang dipikul seorang pemimpin bukanlah sebuah perjalanan enteng. Menyusun cita-cita dan gagasan tidak selamanya berjalan mulus. Waktu tiga bulan tentu sangat singkat untuk melakukan proses pergerakan apalagi di masa pandemic covid-19 ini. Saat semua orang berada di rumah, team bergerilya mendatangi masyarakat untuk sosialisasi.

Zairin merupakan mantan Kepala dinas Badan Perencanaan Daerah ( Bappeda) Prov. Kaltim, Kepala dinas Perhubungan Prov. Kaltim, sejak 32 Tahun zairin meniti kariernya di Bappaeda Kaltim, salah satunya  badan dinas yang membidangi perencanaan pembangunan di kaltim. Untuk urusan pembangunan di kaltim yang sangat luas dan kompleks zairin sudah mampu, sehingga jika level samarinda justru sebenarnya memperkecil atau sebagian kecil dari pekerjaan.

Sementara Sarwono politikus ulung selama 3 periode menempati gedung Dewan Kota Samarinda, tak sedikit Sarwono menduduki jabatan penting, berkenaan pembangunan dan masyarakat kota samarinda secara kompleks. Meski tak mendapat mendali dan perhanggaraan atas pekerjaannya, sarwono tetap berusaha mengabdikan diri untuk masyarakat hingga saat ini, tanpa mengenal lelah.

JIka Zairin dan Sarwono di percaya memimpin kota samarinda 5 tahun kedepan, ini sebuah berkah untuk samarinda, kenapa ? kolaborasi keduanya Orang Birokrat dan Politik akan menghasilkan transformasi sistem pemerintahan yang komplit dalam melayani.

Sistem yang Komplit akan memudahkan pemerintah dalam melayani warga dan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Bicara soal dukungan jelas Sosok Zairin dan Sarwono sama – sama memiliki  hubungan emosional dengan lingkungan kalangan yang jumlahnya tak terhitung, jika kelak 9 Desember 2020 mencoblos dan solid, insya allah akan mengantarkan zairin dan Sarwono akan menjadi orang nomor satu dan dua di kota samarinda.

Pengalaman malang melintang di dunia pemerintahan dan ranah politik serta kehidupan secara umum membuatnya mampu menjadi motivator bagi pemimpin masa depan kota samarinda. Cara Allah menyayangimu bukan dengan meringankan masalahmu, Tetapi mengokohkan pundakmu sehingga kau mampu memikul amanah tetapi dengan menguatkan jiwamu sehingga sehebat apapun masalahmu kau tetap bertahan dan tak menyerah.

Zairin dan Sarwono sudah melalui itu semua, jalan menuju kesuksesan sudah di depan mata, butuh pengorbanan supaya tahu cara bekerja keras, butuh air mata supaya kita tahu merendahkan hati, butuh dicela supaya kita tahu bagaimana menghargai, butuh tertawa supaya kita tahu mengucap syukur, butuh senyum supaya tahu kita punya cinta, butuh orang lain supaya tahu kita tidak sendiri Tidak pula untuk menetap.

Jika ia berakhir dengan ke-IKHLASAN ia akan lahir menjadi cahaya yang itu adalah hadiah terindah dari Allah. Berbahagialah dengan takdir dengan penerimaan yang tulus, karena dia sungguh mengajari kita bahwa BERBAIK SANGKA itu indah.(HMS ZM)

 210 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *