Zikir Dan Haul Insan Pers Di Samarinda, Wartawan Sebagai Modal Dasar Pengawal IKN

INDCYBER.COM, SAMARINDA-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional kalangan wartawan yang tergabung dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) melangsungkan kegiatan Pers Berzikir dan Haul Jama’ bertempat di halaman kantor PWI Kaltim Jalan Biola Privab, Samarinda,Sabtu (7/3/2020).

Ketua PWI Kalimantan Timur, Endo S Efendi mendukung semangat wartawan menghadirkan kegiatan zikir dan haul yang diselenggarakan masih dalam ranga peringatan Hari Pers Nasional (HPN)  ke 74 .

“Para pengurus berinisiatif dan saya mendukung, kedepan kita jadikan agenda rutin,”ujar Endro

Sehebat apapun kita menulis dan mengkritik kita harus kembalikan niat kita untuk hal yang baik dan untuk yang maha kuasa.

“Kita juga intropeksi diri dan dari kegiatan ini wartawan juga manusia yang beragama. Kedepan teman teman jadi wartawan pasti punya senior maka supaya tidak lupa kita punya pendahulu dan tokoh tokoh minimal redakturnya yang membimbing jasanya perlu diingat terhadap dunia pers di Kalimantan Timur,” tutur Endro.

Muhammad Rusdi Aburahman  akrab disapa guru Rusdi mengingtkan jangan sampai membenci kegiatan haul karena ada dalam ayat suci al Quran Surat Al Hasyr Ayat 10

Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa.

“Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang.”urainya.

Mari mendoakan yang telah meninggal dunia.

“Kita disini beruntung dalam wilayah orang orang yang memintakan ampun.
Orang yang memberi rahmat dengan orang orang yang dimuka bumi ini maka orang orang yang di muka bumi akan merahmati menyayangi pula, “imbaunya.

Guru Rusdi melanjutkan Setiap qul dalam alquran di tafsir Abu Dawud tafsir Jalalain.

“Katakan oleh wahai Muhammad dengan kekayaan Allah yang sebenar benarnya.” katanya.

Maka jika sudah mengatakan yang sebenar-benarnya pada mereka gembiralah mereka.

Karena kekayaan Allah terbesar Rasulullah SAW dan Rahmat allah lil alamiin untuk rahmat bagi seluruh  alam.

“Kalau mengedepankan akhlak nabi Muhammad maka akan akan diberi kebaikan,”tambahnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Achmad Shahab menyampaikan, kegiatan ini kali pertama dilaksanakan.

“Alhamdulillah, respon yang diberikan luar biasa, kami pun tak menyangka, padahal waktu persiapan relatif pendek, sekitar dua minggu,” ujarnya.

Karena ini merupakan rangkaian HPN, maka kegiatan ini didedikasikan kepada segenap insan pers di Kaltim. PWI dalam hal ini menginisiasi, sebagai organisasi pers tertua di Indonesia.

“Makanya, kami pun mengajak segenap rekan pers turut hadir, kami pun mengundang rekan organisasi pers lainnya bergabung dalam Pers Berzikir ini,” terangnya.

Karena kegiatan ini tujuan utamanya, menjalin silaturahmi dengan insan pers di Bumi Etam.

Pada kesempatan ini pula, kami rangkai dengan Haul Jama’.

Sebab setelah diinventarisir, cukup banyak rekan-rekan pers yang telah meninggal dunia, tercatat 70 orang lebih.Kesempatan ini digunakan pula untuk mendoakan mereka.

Penulis: Slamet Pujiono
Editor: Fathur
Sumber: Indonesia Cyber

 287 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *