KPU Samarinda Masih Kekurangan 8.246 Surat Suara

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda telah tuntas melipat dan menyortir surat suara para paslon Pilwali Samarinda 9 Desember 2020 mendatang.

Dari hasil tersebut telah diketahui menjelang Pilwali Samarinda,KPU Samarinda masih kekurangan kurang lebih 8.246 surat suara. Jumlah tersebut sekaligus gabungan surat suara yang rusak serta surat suara untuk pemungutan ulang.

Saat dikonfirmasi indcyber.com Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat,S.Sos mengatakan bahwa jumlah kerusakan dan kekurangan itu didapat setelah proses sortir dan pelipatan selesai.

“Surat suara untuk Pilkada itu kalau sesuai kontrak jumlahnya ada 592.365 lembar.Namun ketika kami terima hanya sekitar 591.436 lembar saja,”ujar Firman.

Masih lanjut Firman,surat suara yang kondisinya sempurna ada 584.123 lembar. Perihal surat suara untuk pemilihan ulang, sebenarnya dibutuhkan sebanyak 2.000. Namun, Firman menyebutkan bahwa pihaknya hanya menerima 1.996 lembar surat suara saja.

Hampir seluruhnya dalam kondisi baik dan 3 lembar surat suara dinyatakan rusak. Khusus surat suara untuk pemilihan ulang, ada 4 lembar yang kurang. Sehingga total keseluruhan surat suara yang harus dicetak ulang adalah 8.246.

“Kami sudah membuat laporan berita acara. Kemudian telah kita sampaikan komplain ini ke pihak percetakan,”imbuh mantan jurnalis Koran Kaltim ini.

Perlu untuk diketahui jika pelipatan surat suara yang telah berlangsung di gudang KPU tersebut selama kurang lebih 3 hari itu sudah rampung. Pihaknya pun segera berkomunikasi dengan percetakan di Gresik, Jawa Timur yang memang dipilih untuk percetakan surat suara terkait dengan penggantian ulang surat suara yang diperlukan.

Sebab, tak hanya kerusakan pada surat suara tapi juga dibarengi dengan surat suara yang masih kurang.Selain itu juga menyebutkan bahwa laporan berita acara yang dibuat oleh pihaknya maka pihak percetakan siap menggantinya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.(tim redaksi)

 284 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *