Elemen berita 5W+1H

Rumus menulis berita standar ini berdasarkan elemen atau unsur berita 5w+1h (who, what, when, where, why, how) atau siapa, apa, kapan, di mana, kenapa, bagaimana.

  1. Siapa terlibat dalam peristiwa: pelaku, korban, pemeran utama, peran pengganti, figuran, orang, lembaga, organisasi, dsb
  2. Apa yang terjadi, kejadian apa, peristiwa apa, acara apa ?
  3. Kapan kejadiannya, unsur waktu.
  4. Where, Mana kejadiannya, tempat acaranya di mana, unsur tempat.
  5. Kenapa terjadi demikian, apa penyebabnya, apa latar belakangnya, apa tujuannya, mengapa itu dilakukan, dsb.
  6. Bagaimana proses kejadiannya, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, ada polisi gak, rusuh gak, damai-damai saja, diguyur hujan, pemateri ngomong apa saja, dsb

Berdasarkan unsur 5w+1h itulah saya membuat formula atau rumus mudah menulis berita sebagai berikut = who does what, when, where, why, how (siapa melakukan apa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana)


 

Unsur-unsur berita tersebut biasa disebut dengan 5W+1H. Unsur-unsur tersebut adalah who, what, when, where, why, dan how. Unsur-unsur ini harus ada dalam setiap berita.

  1. Who berarti siapa, menjelaskan siapa yang terlibat dalam peristiwa, contohnya pelaku, korban, saksi, lembaga, organisasi, dan lain sebagainya.
  2. What berati apa. Menjelaskan kejadian apa yang terjadi.
  3. When berarti kapan. Menjelaskan kapan kejadian tersebut terjadi. Contohnya pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, dan lain sebagainya.
  4. Where berarti di mana. Menjelaskan di mana kejadian tersebut terjadi. Misalnya “di depan Istana Negara RI” dan lain sebagainya.
  5. Why berarti kenapa. Menjelaskan kenapa kejadian tersebut dapat terjadi, serta apa latar belakangnya, tujuannya sehingga memunculkan kejadian tersebut.
  6. How berarti bagaimana. Menjelaskan entang bagaimana proses kejadian tersebut bisa terjadi, bagaimana caranya, dan sebagainya.

Berita yang tidak mengandung unsur 5W+1H disebut dengan teras berita tidak lengkap. Artinya ada sebagian unsur yang tidak terdapat pada berita tersebut.

 

 

 1,349 total views,  7 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *