Besok,10 Pejabat Papan Atas Kaltim Akan Disuntik

Suasana konferensi pers terkait pelaksanaan suntik vaksin Sinovac yang akan dilaksanakan hari Kamis tanggal 14 Januari 2021di kantor Gubernur Kaltim.

INDCYBER.COM,SAMARINDA-Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar konferensi pers menjelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di ruang Ruhui Rahayu, Rabu (13/1/2021). Konferensi pers ini menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan vaksinasi massal yang dilakukan pada Kamis (14/1/2021) besok.

Dalam kesempatan tersebut kepala Dinkes Kaltim Padilah Mante Runa menjelaskan prosedur pelaksanaan vaksin Covid-19.Ada beberapa syarat yang diperbolehkan vaksin saat pencanangan Kamis besok.

“Dewasa sehat 18-59 tahun bersedia menandatangi surat pernyataan boleh vaksin. Tidak pernah terkonfirmasi positif Covid-19 serta Ibu hamil,” ujar Padilah Mante Runa.

Menurutnya jika program vaksinasi ini berjalan sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah pusat dapat mengurangi potensi transmisi lokal. Sementara itu dengan adanya vaksinasi dapat menekan biaya perawatan pasien positif Covid-19.

“Jika dinilai dari sisi ekonomi lebih hemat dibanding dengan upaya pengobatan,” ucapnya.

Distribusi vaksin dibagi menjadi beberapa tahap. Untuk tahap pertama vaksin diberikan oleh tenaga kesehatan yang kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian untuk tahap kedua, vaksin diberikan langsung oleh petugas pelayanan publik seperti TNI-Polri, perbankan, PLN, PDAM dan pelayanan yang kontak langsung dengan masyarakat.Selanjutnya vaksin tahap ketiga pada bulan April 2021- Maret 2022 diberikan kepada masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi.

“Tahap ketiga April sampai Maret 2022. Sasaran masyarakat rentan masyarakat pelaku perekonomian sesuai klaster ketersediaan vaksin,”pungkasnya.

Konpers dihadiri oleh Sekretaris Satgas Covid-19 Kaltim M. Andi Ishak, Sekdaprov Kaltim Muhammad Sa’bani, Kepala Diskominfo Kaltim M. Faisal, Kepala Dinkes Kaltim Dr. Padilah Mante Runa, Ketua MUI Kaltim dan PLT Kepala BPOM Kaltim.

Vaksin Sinovac tahap pertama besok Kamis pagi akan disuntikkan kepada 10 Pejabat papan atas Benua Etam.Diantara 10 Pejabat papan atas Pemprov Kaltim ada nama Sekdaprov Kaltim H M Sa’bani,Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman, Asisten Bidang Pengawasan Kejati Kaltim serta tercantum nama politisi PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua DPRD Kaltim M Samsun.

Penulis:Slamet Pujiono
Editor:Redaksi

 179 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *