Polres Kubar Gelar Pasukan Operasi Patuh Mahakam 2019

Indcyber.com, SENDAWAR – Secara serentah seluruh Indonesia pada Kamis (29/8/2019) Kepolisian Republik Indonesia menggelar Operasi Patuh 2019, tidak terkecuali dengan Polres Kutai Barat (Kubar) sekira pukul 08.00 wita melaksanakan  apel gelar pasukan di halaman Mapolres Kubar, diikuti ratusan personel Polri, TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kubar AKBP  I Putu Yuni Setiawan. Yang di hadiri Bupati Kubar FX Yapan SH, Kejari, Wakil Ketua PN, Dandim 0912/kbr, dan perwira menengah di lingkungan Polres Kubar.

Dalam kesempatan ini Kapolres Kubar, AKBP. I Putu Yuni Setiawan mebacakan amanat Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian mangatakan bahwa, operasi patuh digeler serentak dalam rangka penegakan  penertipan lalu lintas, untuk jajaran kepolisian di Indonesia.

“ Terhitung mulai hari ini Kamis (29/8/2019) operasi Patuh resmi di gelar,” ujarnya.

Dikatakan Kapolres bahwa, Giat tersebut akan berlangsung selama 14 hari kedepan atau hingga 11 September 2019 di seluruh Indonesia, termasuk di Kutai Barat.

” Ini merupakan operasi kepolsian dari Sabang sampai Merauke. Dimulai hari ini sampai 14 hari kedepan, untuk di Kubar sendiri namanya operasi Patuh Mahakam 2019, ” tegasnya..

Menurutnya, operasi patuh dititikberatkan pada tindakan penegakkan hukum sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009. Langkah prefentif dalam operasi lalu lintas tersebut sebesar 30 persen.

Foto Bersama Usai Gelar Pasukan

“Operasi patuh ini 75 persen itu bersifat represif, penindakan, untuk prefentifnya sekitar 30 persen,” katanya.

Ia menuturkan, Dalam operasi, razia rutin dilaksanakan. Petugas lalu lintas akan memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor seperti SIM, STNK, Helm, dan kelengkapan kendaraan lainnya. Termasuk pengendara yang mengemudi dalam kondisi mabuk.

” Menurutnya, Operasi Patuh Mahakam ini diberlakukan bagi semua kendaraan bermotor. Jadi akan dilakukan penindakan kasat mata dan pelanggaran prioritas yang sudah ditentukan,” terangnya.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat Kubar, sebelum menggunakan kendaraan pastikan  alat keselamatan berkendara dilengkapi,  begitu juga dengan surat – surat kendraaan yang harus terus dibawa.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk taat berlalulintas dan patuhi aturan yang berlaku, guna keselamatan bersama dalam berkendara,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kubar FX Yapan yang hadir dalam apel ini menegaskan bahwa, Pemkab Kubar sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh kepolian dalam hal penegakan hokum berlalulintas.

“Ini demi keselamatan kita bersama, untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat taatilah aturan dan prosedur yang ada, karena itu demi keselamatan kita bersama,” ujarnya.

Yapan menyampaikan bahwa, operasi patuh ini merupakan agenda tahunan yang terus dilakukan oleh jajaran kepolisian. Langkah ini guna menimbulkan kesadaran kepada pengguna kendaraan agar  tertib dalam berlalulintas,  untuk itu ia meminta kepada warga Kubar untuk mematuhi aturan. Dan dapat menghilangkan budaya negative tentang kegiatan ini.

“Ciri- ciri  daerah itu maju adalah masyarakatnya taat dan patuh terhadap aturan,” tegasnya. (arf).

 1,916 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *