SELAMA DUA HARI WARGA BINAAN RUTAN KELAS IIA SAMARINDA LAKUKAN REKAM DATA KTP-el

INDCYBER.COM, SAMARINDA -Terhitung sejak tanggal 16 sampai dengan 18 Februari 2019 ribuan warga binaan Rutan Kelas ll Sempaja, Samarinda melakukan perekaman KTP-el guna persiapan Pemilu Tahun ini dengan tujuan agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Menurut data yang telah diterima oleh Kabid Fasilitasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Kalimantan Timur, Iwan Setiawan hampir seluruh warga binaan baik di Lapas maupun Rutan telah melakukan rekam data.

Sementara itu dari pantauan langsung indcyber.com di aula Rutan Sempaja telah usai dilakukan perekaman baik warga binaan yang berasal dari luar kota maupun Samarinda sendiri, tampak petugas Disdukcapil dengan sabar dan teliti merekam data mereka yang didampingi langsung oleh Kasi Pelayanan Napi, Rahmat.

“Kegiatan ini perintah langsung dari Dirjen Kemendagri yang kemarin pada tanggal 17 Januari 2019 sudah dilakukan secara serentak se Indonesia di Lapas maupun Rutan, tapi dari data yang sudah kami terima untuk Lapas dan Rutan di Samarinda sendiri masih ada lima ribu warga binaan yang belum melakukan perekaman data, “ujar Iwan Setiawan kepada indcyber.com saat memantau langsung perekaman KTP-el di Rutan Sempaja, Senin (18/02/2019).

Disisi lain Kepala Rutan Kelas IIA Samarinda Wahyu Setyo, menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut karena selain warga binaan dalam Pemilu tahun ini bisa menggunakan hak pilihnya juga membantu mereka yang belum memiliki KTP-el.

Untuk memperlancar kegiatan tersebut baik Karutan Samarinda Wahyu Setyo maupun Iwan Setiawan mengimbau kepada seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama melakukan pelayanan terpadu baik di Rutan maupun di Lapas.

Dari Rutan Sempaja sendiri menurut data yang diterima oleh indcyber.com masih ada 954 warga binaan yang tidak masuk dalam rekam data karena saat dikrocek oleh capil Samarinda mereka tidak memiliki NIK.

Iwan Setiawan berharap kepada Kemenkumham, Kepolisian, Kejaksaan untuk melakukan pendataan agar lebih mudah dalam pencarian NIK warga binaan yang baru nantinya.

“Kepada warga binaan Rutan Sempaja, saya ucapkan terima kasih atas kerja samanya telah turut menyukseskan proses perekaman data KTP-el sehingga nantinya pas pada saat pencoblosan bisa menggunakan hak pilihnya sesuai hati dan nurani masing-masing, “pungkas Wahyu Setyo Kepala Rutan Kelas IIA Samarinda kepada indcyber.com.yang didampingi oleh Kasi Pelayanan Tahanan, Rahmat di aula Rutan Sempaja Samarinda. (sp).

 254 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *