19 SMP terima DAK Fisik Reguler dan Afirmasi

Indcyber.com, SANGATTA – Sebanyak 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler dan Afirmasi Sub Bidang SMP tahun anggaran 2020. Belasan sekolah tersebut dipilih berdasarkan data Dapodik yang sudah di update masing-masing SMP. DAK yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu berjumlah, Rp 14,3 miliar untuk Fisik Reguler dan Rp 2,3 miliar untuk Afirmasi. Program kegiatan dilakukan secara swakelola atau tidak melalui lelang.

Berkaitan hal itu, Plt Bupati Kutim H Kasmidi Bulang meminta kepada sekolah-sekolah yang mendapat DAK, baik fisik reguler maupun afirmasi, agar benar-benar menjalankan program kegiatannya. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya minta kontrolnya benar, karena dikerjakan secara swakelola atau internal sekolah itu, tidak pakai lelang. Transfer dari Pusat hingga saat ini sudah sekitar 40 persen dan program sudah sambil berjalan,” ungkap Kasmidi, saat ditemui usai membuka Rakor Sekolah Penerima Bantuan DAK Fisik Reguler dan Afirmasi Sub Bidang SMP, diruang Meranti, Kantor Bupati

Selanjutnya kepada sekolah-sekolah lain yang belum mendapatkan DAK, Kasmidi mendorong agar juga bisa berusaha untuk memperoleh dana tersebut. Disamping itu, ia mengingatkan agar pendataannya Data Dapodik dilakukan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

“Sebab, ini berkaitan dengan pembangunan SDM, infrastruktur sekolah. Jika melihat keuangan daerah kita (Kutim) juga terbatas. Pembangunan yang tidak ter-cover melalui APBD, bisa di-cover lewat DAK Fisik Geguler maupun Afirmasi,” ucapnya.

Sebagai informasi, belasan sekolah yang mendapatkan DAK Fisik Reguler dan Afirmasi tahun anggaran 2020. Diantaranya, SMP Negeri 1 Sangatta Selatan, SMP Negeri 2 Sangatta Selatan, SMP Negeri 1 Kaliorang, SMP Negeri 2 Kaubun dan SMP Negeri 3 Kaubun. SMP Negeri Sangkulirang, SMP Negeri 1 Karangan, SMP Negeri 3 Karangan, SMP Negeri 1 Sandaran, SMP Negeri 2 Sandaran dan SMP Negeri 3 Sandaran. Berikutnya SMP Negeri 1, 2 dan 3 Muara Ancalong, SMP Negeri 1 Muara Bengkal, SMP Negeri 1 Busang dan SMP Negeri 2 Busang serta SMP Negeri 1 Kongbeng. (AM)

 181 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *