Deklarasi Damai Suporter Bola se-Kaltim

Indcyber.com, Kukar – Acara deklarasi damai suporter bola kalimantan timur di gelar pada minggu (30/9/2018) pukul 08:30 wita di Jl.KH. Akhmad Muchsin Kel. Timbau Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara tepatnya di lapangan parkir traffic light Pos Lantas Polres Kukar Timbau.

Seluruh Elemen Supporter Yang Ada Di Kalimantan Timur turut serta hadir dalam menggelar aksi deklarasi damai para suporter, pasca terjadinya insiden keributan antar suporter Persija Jakarta – Jack Mania dan suporter Persib Bandung – Bobotoh yang berujung jatuhnya korban jiwa di salah satu kubu pendukung fanatis liga nasional.

Dalam acara deklarasi damai yang di gelar pagi hari ini, tercatat kurang lebih 150 orang suporter yang hadir diantaranya;

Elemen Supporter Kalimantan Timur
– Mitra Mania
– Balistik
– Pusamania
– Aremania Borneo
– Viking Borneo
– Jack Kaltim
– Jack Outsider Kalimantan Timur
– Brajamusti Kalimantan Timur
– LA Mania Kalimantan Timur
– Bonek Borneo
– The Macz Man Borneo
– Laskar Ayam Jantan Kalimantan Timur
– Singa Mania Borneo
– Bartman Kalimantan Timur
– Kacong Mania Kalimantan Timur
– Kapolres Kukar dan Kapolsek Tenggarong.

Pada saat berlangsungnya acara di selingi dengan pembacaan isi deklarasi damai oleh
Yedi Febiantara Sekrtaris Umum Mitman Kukar di ikuti oleh semua suporter yang hadir, isi deklarasi berisi 4 Poin diantaranya :

– Kami suporter klub Indonesia sepakat untuk tetap menunjukkan loyalitas terhadap klub masing-masing dan menghormati pertandingan dengan tidak menunjukkan sikap permusuhan terhadap kelompok suporter lain dan masyarakat pada umumnya.
– Kami suporter klub Indonesia menolak segala bentuk tindakan bersifat rasis dan anarkis yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan supporter.
– Kami suporter klub Indonesia pada umumnya mendukung pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan khususnya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menolak segala bentuk informasi yang bersifat bohong atau HOAX.
– Kami suporter klub Indonesia akan membantu dan mendukung Pemerintah, TNI dan POLRI untuk menjaga stabilitas keamanan serta mendukung menciptakan suasana aman, damai dan tertib menjelang pemilu Tahun 2019 serta mensukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg Tahun 2019.

Di sela-sela berlangsungnya acara selaku penggagas acara deklarasi Ketua Mitra Mania (Mitman) Kukar Yuliansyah, S.Sos melalui wakilnya selaku Koordinator Acara Nuzul Azmi Hadi menyampaikan

“Acara ini tujuanya menjaga sportifitas antar suporter di Kaltim yang memang belum pernah ada sejarah gesekan antar suporter dan jelasnya, kami berupaya menghindari insiden keributan yang demikian itu. Kami hadir dalam acara ini untuk memupuk rasa persaudaraan sesama suporter, agar tetap terjaga,” tutur Nuzul Azmi.

Setelah pembacaan text Deklarasi Damai berlanjut ke acara pembubuhan tanda tangan masing-masing suporter pada sepanduk yang telah di sediakan.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar, S.Ik.,M.Si yang di wakilkan oleh Kapolsek Tenggarong Iptu Triyadi turut memberikan pernyataan melalui media ini

“Selaku Pihak pengamanan dari kepolisian Khususnya Polsek Tenggarong sangat mendukung dengan adanya acara deklarasi damai antar suporter sekaligus menjalin silaturrahmi dan kami sangat respek terhadap hal-hal yang bersifat positif serta dukungan para suporter terhadap pelaksanaan pemilu damai,” demikian Kapolsek Iptu Triyadi

Usai pembacaan isi text deklarasi damai serta pembubuhan tanda tangan masing-masing suporter yang hadir, acara di lanjutkan dengan pembacaan doa bersama untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala sebagai unkapan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, atas peristiwa bencana alam jumat (28/9) lalu di Palu dan Donggala.

 287 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *