Andi Harun – Rusmadi, Luncurkan Program Unggulan Kota Samarinda

SAMARINDA, INDCYBER.COM – Pemerintah Kota Samarinda meluncurkan Program Unggulan ProBebaya di Aula Rumah Jabatan, jalan S.Parman No.1, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jum’at ( 4/6/2021) Sore.

Program ProBebaya dalam arti lain adalah sebagai berikut. Pro adalah Program, Bebaya adalah Bersama. Jadi Program ProBebaya dapat diartikan Program yang dilaksanakan secara bersama- sama atau secara gotong royong.

“Program ini merupakan salah satu dari 10 program unggulan yang di canangkan oleh Walikota dan Wakil Walikota Samarinda yang maknanya adalah semangat gotong royong,”kata Andi Harun.

” Program ProBebaya ini, saya rancang untuk mendukung percepatan pembangunan dan peningkatan kesejateraan berbasis wilayah RT Sekota Samarinda,”sambungnya Andi Harun.

Masih lanjut Andi Harun Program ProBebaya akan dilaksanakan pada tahun 2022 secara serentak. Sebagai pembuktian awal, program ini akan di coba pada tahun ini di setiap Kelurahan 1 RT.

“Program ini dalam pelaksanannya akan memuat sistem transparan, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. Sehingga apa yang ingin di bangun di lingkungan berdasarkan keinginan masyarakat, sehingga langsung dirasakan oleh masyarakat,” jelas Andi Harun.

Pria yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim tersebut menyampaikan jika ini telah diatur dalam Perwali 12/2021 tentang Teknis Pelaksanaan Program ProBebaya.Untuk itu ia berharap kepada para Lurah agar dapat membaca dan memahami pasal demi pasal yang tertuang dalam peraturan tersebut.

“Dalam pelaksanaannya, alokasi dana 100 sampai 300 juta tersebut tidak diberikan dalam bentuk tunai, melainkan dalam bentuk program yang disusun oleh masyarakat dan RT setempat,”terang orang nomor satu di Samarinda ini.

Berikut ini sub program ProBebaya.
1. Bidang Infrastruktur, meliputi pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana umum skala kecil.

2. Bidang Ekonomi, meliputi peningkatan pemberdayaan ekonomi di tingkat RT.

3. Bidang Sosial, meliputi penanganan permasalahan sosial dan peralatan pendukung kegiatan sosial kemasyarakatan di masyarakat dalam skala kecil.

4. Bidang Kesehatan, meliputi peningkatan kesehatan masyarakat dan pengadaan peralatan pendukung bidang kesehatan di masyarakat tingkat RT dalam skala kecil.

5. Bidang Pendidikan, meliputi pengadaan peralatan pendukung pendidikan di masyarakat tingkat RT dalam sekala kecil.

6. Bidang peralatan pendukung kegiatan kepemudaan di tingkat RT dalam skala kecil.

Dalam rangkaian acara peluncuran program ProBebaya, Walikota Samarinda, Dr. Andi Harun juga menyampaikan, bahwa untuk mulai bulan April 2021, insentif Ketua RT telah dinaikan dari Rp 500 ribu menjadi Rp 1 juta.

” Saya harap dengan kenaikan ini makin naik juga rasa tanggung jawab Ketua RT dalam mengawal keamanan lingkungan dan pembangunan, serta pemberdayaan masyarakatnya,”tutup Andi Harun.

Penulis:Sriyono
Editor:Slamet

 243 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *