SEMARAK PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH, HUT RI KE 73

indcyber.com, Kutai Kartanegara – Dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Komunitas Pemuda dan Masyarakat di Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, menggelar pengibaran Bendera Merah Putih di Sungai Mahakam, tetapnya dikawasan Reservat Batu Bumbun pelestarian ikan air tawar pada Jumat (17/8/2018) pagi tadi. Namun sebelumnya, puluhan perahu ketinting berkompoi menuju kelokasi pengibaran Bendera tersebut.

Suasana pengibaran Bendera Merah Putih ini berlangsung meriah, dengan iring-irangan perahu ketinting di perairan Sungai Mahakam. Sebelum pengibaran, terlebih dahulu Bendera Merah Putih  di arak menggunakan perahu yang dibawa oleh Komunitas Pendayung  Kecamatan Muara Muntai.

Menurut Danramil Muara Muntai, Kapten Gunawan, terpilihnya Reservat Batu Bumbun kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara ini, sekaligus mengkampanyekan stop Ilegal Fishing yang kian marak terjadi, dan tentunya hal tersebut sebagai bentuk kepedulian pemuda serta masyarakat untuk pelestarian habitat air tawar.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemuda serta masyarakat Muara Muntai ini, selain memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, juga mengkampanyekan pelestarian ikan air tawar di daerah Reservat Batu Bumbun, untuk mencegah maraknya penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, terang Kapten Gunawan, Danramil Muara Muntai.

Pada prosesi pengibaran Bendera Merah Putih dikawasan Reservat Batu Bumbun inipun semakin khidmat, dimana puluhan masyarakat yang sebagian besar berpropesi sebagai nelayan itu, melakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, guna menghargai perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Ketika lagu Kebangsaan Indonesia dikumandangkan, tak jarang para masyarakat, pemuda hingga pelajar yang hadir dilokasi itupun, dengan lantang dan keras menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas perahu masing-masing.

“Harapnya saya, dengan pengibaran Bendera Merah Putih di kawasan Reservat ini, tentunya akan menjadikan tempat wisata pemancingan serta berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Muara Muntai. Dan saya juga mengimbau agar masyarakat untuk tetap menjaga serta melestarikan kawasan ini, ungkap M. Dahlan, Camat Muara Muntai.

Melalui kegiatan ini, M. Dahlan juga berharap, agar generasi muda khususnya di Kecamatan Muara Muntai, untuk terus mencintai dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi bangsa yang kuat, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan para pahlawan didalam merebut Kemerdekaan.(gh)

 260 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *