Helmi Abdullah Resmi Sebagai Plt Ketua DPRD Kota Samarinda

Plt Ketua DPRD Kota Samarinda H Helmi Abdullah dan Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda H Subandi memberikan keterangan pers usai Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda,Rabu (12/8/2020)

Penulis: Slamet Pujiono
Editor: Fahri
INDCYBER.COM, SAMARINDA-Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda masa sidang II kembali digelar dengan agenda pengumuman Plt Ketua DPRD Kota Samarinda bertempat di gedung Utama DPRD Kota Samarinda jalan Basuki Rahmat,Rabu (12/8/2020).

Mengacu pada tatib DPRD Samarinda telah sepakat untuk menentukan Plt Ketua DPRD Kota Dalam kesepakatan bersama oleh tiga Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda menunjuk Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda dari fraksi Gerindra sebagai Plt Ketua DPRD Kota Samarinda hingga ditentukannya Ketua DPRD Kota Samarinda Definitif.

“Sebenarnya masalah pelaksana tugas ini sudah diatur di undang-undang pemerintahan atau pun di tatib kita. Jadi kita menjalankan sesuai tatib saja,”terangnya kepada awak media usai rapat Rabu (12/8/2020).

Helmi lebih lanjut menyebutkan bahwa tatib tersebut menyebutkan bahwa jika ketua definitif dewan meninggal dunia, maka yang menjadi penggantinya adalah partai pemilik suara terbanyak kedua sesuai kesepakatan pimpinan dewan.

“Apabila ketua DPRD definitif meninggal dunia, maka penggantinya adalah dari partai pemenang kedua, dan disepepakati oleh pimpinan. Jadi kami bertiga ini rapat menyepakati kesepakatan yang ada, saya, pak Subandi dan Pak Rusdi,”ujarnya.

Terkait kapan penggantian untuk menjadi ketua definitifnya, Helmi tidak bisa memastikan. Yang jelas akan menunggu usulan dari partai pemegang kursi Ketua DPRD.

“Kalau penggantian ketua definitifnya menunggu usulan dari PDIP, artinya DPCnya yang mengurus ke DPP siapa yang ditunjuk untuk menjadi ketua DPRD definitif. Nanti prosesnya seperti ini lagi,”urai Helmi.

Yang pasti, ia mengatakan bahwa untuk langkah awal akan segera melaksanakan pembahasan terkait APBD Perubahan.

Helmi menjelaskan bahwa agenda pembahasan akan dilaksanakan bulan ini, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Karena ini sudah waktunya membahas APBD Perubahan, kita nanti akan segera (bertemu) dengan TAPD eksekutif, karena provinsi kan sudah duluan, jadi dalam sehari dua hari ini akan dibahas. Agustus inilah, setelah teman-teman selesai melaksanakan kunjungan kerja,”pungkas Helmi.

 308 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *