Samarinda Raih Dua Penghargaan Pelayanan Publik, Andi Harun: Terima Kasih Syaharie Jaang dan Barkati

Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menerima penghargaan kinerja Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo di Jakarta.

JAKARTA.INDCYBER.COM – Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menerima penghargaan kinerja Pelayanan Publik Tahun 2020 yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Sebelumnya, Kota Samarinda kembali meraih anugerah sebagai salah satu Kota Penyelenggara Pelayanan Publik terbaik dari Kemen-PAN RB yang ditayangkan melalui Youtube KemenPAN-RB pada Selasa (9/3/2021 dan telah disaksikan bersama-sama di Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda.

Penghargaan tersebut diberikan kepada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Usai menerima penghargaan, Andi Harun mengatakan rasa syukurnya.Ia juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras Syaharie Jaang dan Muhammad Barkati beserta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Samarinda sebelum tampuk pimpinan diamanatkan kepada dirinya bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Rusnadi kini.

Andi Harun mengatakan penghargaan yang diraihnya merupakan hasil kerja keras Wali Kota sebelumnya yakni kepemimpinan Syaharie Jaang bersama Muhammad Barkati.

“Saya hanya menerimakan saja. Ini hasil kinerja beliau (Syaharie Jaang dan Muhammad Barkati, Red). Saya ucapkan selamat kepada Bapak Syaharie Jaang dan Bapak Muhammad Barkati yang telah merintis kinerja dengan baik sehingga mendapatkan ganjaran penghargaan dengan baik dari KemenPAN-RB Saya berharap semoga kinerja Pelayanan Publik melalui terbangunnya Mall Pelayanan Publik serta pelaksanaan kegiatan Disdukcapil kita semakin baik, sehingga di tahun mendatang kita dapat meraih penghargaan kategori pelayanan prima,” kata Andi Harun.

Kinerja Mall Pelayanan Publik lanjut dia, tidak hanya menerima dan mengejar penghargaan saja. Akan tetapi pelayanan publik ini juga ramah terhadap kegiatan investasi dan pengembangan ekonomi kerakyatan, UMKM ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Samarinda. Menurutnya, pelayanan publik di bidang kependudukan juga semakin bagus dan cepat.

Salah satu inti dari pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan menurut dia adalah pelayanan publik.

“Intinya sekarang bagaimana pemerintah hadir memberikan pelayanan yang cepat, optimal,dan berbiaya murah,” tegasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini juga berharap Pemkot Samarinda semakin mengaplikasikan penggunaan teknologi informasi dan menguatkan jaringan infrastruktur dalam bidang telekomunikasi, sehingga menjadi daya dorong yang kuat terhadap percepatan dan efektifitas pelayanan publik di Kota Samarinda.

“Jadi sekali lagi penghargaan ini untuk Pak Syaharie Jaang dan Pak Barkati. Saya hanya mewakili menerima, karena saya belum melakukan banyak hal dalam bidang pelayanan publik, khususnya perizinan dan manajemen pengolahan kependudukan melalui Disdukcapil Semoga pelayanan prima yang pernah kita dapat pada tahun sebelumnya, dapat diraih kembali di tahun yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kota Samarinda, Jusmaramdhana Alus menyampaikan penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang keempat kalinya secara berturut diraih. Ia berharap agar tahun depan pihaknya dapat terus meningkatkan pelayanan guna meraih pelayanan prima dengan fasilitas yang ada. Termasuk kelengkapan fasilitas penunjang yang ada di gedung baru nantinya di Jalan Pahlawan, Samarinda Ulu.

“Karena saat ini masih dalam keadaan pandemi, sebenarnya semua pelayanan tetap menjadi primadona. Namun kami lebih titik beratkan pada izin usaha, terlebih dalam konsep izin usaha kerakyatan dalam hal ini UMKM yang sifatnya bisa menunjang dalam masa pandemi saat ini,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Disdukcapil Samarinda, Abdullah mengatakan tujuan yang paling utama dalam pelayanan publik ini bukanlah penghargaan, melainkan bagaimana pihaknya memberikan layanan yang baik dalam artian cepat, tidak berbelit, dan akuntabel.

“Penghargaan kategori Sangat Baik ini merupakan penghargaan ketiga kalinya sejak 2018 hingga 2020. Semoga ini menjadi berkah dan terus memacu kami untuk melakukan perubahan,” tandas Abdullah.(FER/HER/KMF-SMD)

Editor:Slamet Pujiono

 8,110 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *